
Anggun Sari
Anggun Sari adalah sebuah produk skincare yang membawa nilai-nilai kecantikan nusantara dengan memadukan esensi cantik yang sesungguhnya.
Main Idea!

Seperti yang kita ketahui, perawatan kulit atau skincare telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat indonesia. Hal ini didukung oleh hasil survei Populix pada tahun 2021-2022 yang menunjukan bahwa 77% dari masyarakat Indonesia secara rutin membeli produk perawatan kulit setidaknya satu kali dalam sebulan.
Selain itu, budaya Korea yang masuk ke Indonesia melalui Kpop dan K-drama semakin mempengaruhi standar kecantikan di Indonesia yang menjadi semakin mirip dengan standar kecantikan di Korea.

Oleh karena itu saya merasa tertantang untuk dapat membuat sebuah desain kemasan skincare yang tentungya dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, Korean Culture sudah sangan melekat di Indonesia melalui Kpop dan K-drama nya.
Product Development
Dalam proses pembuatan produk skincare ada banyak hal yang harus di pertimbangkan. Untuk tahap pembuatan produk ini, saya akan membuat sketsa gambaran awal tentang produk yang akan dibuat.
Desain kemasan yang ingin saya buat adalah sebuah kemasan untuk produk Essence Toner. Produk ini berfungsi untuk memberikan nutrisi dan hidrasi kulit yang dapat membuat kulit menjadi halus dan segar.
Oleh karena itu, saya membutuhkan sebuah botol yang bisa menambung isi dari Essence Toner ini. Jika melihat dari pasaran yang ada, kita bisa menemukan botol ukuran dari 50ml hingga 200ml untuk ukuran terbesarnya.

Pada botol ini saya membutuhkan 2 desain. Yaitu desain botol dan juga label untuk di tempelkan pada badan botol. Untuk label saya menggunakan material bajan doff dan bertekstur. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan premium dan kualitas yang bagus.

Untuk kemasan luar dari botol ini, saya menggunakan karton tebal berukuran 230 gsm yang memiliki tekstur linen seperti di gambar berikut ini.

Kotak ini akan menambah kesan premium dari brand skincare yang saya buat. Walaupun premium, harga jual dari produk ini berkisar dari Rp 100k hingga Rp 200k tergantung dari ukuran produknya.
Setelah packaging box sudah jadi, box ini akan dibungkus dengan label multifungsu yang bertujuan untuk menjadi segel produk yang menunjukan bahwa produk ini masih tersegel hingga ke tangan konsumen

Kotak ini juga memiliki bagian extra yang dapat menjaga botol di dalamnya agar tidak bergeser dalam pengiriman.
Eksekusi Desain






- CATEGORY
Branding
- WRITER
Syandana